Urgensi Manajemen Pendidikan Dasar

Urgensi Manajemen Pendidikan Dasar
Dari hasil kajian pada awal pelita I masalah pendidikan di Indonesia, meliputi empat aspek yakni pemerataan pendidikan, mutu pendidikan, keefektifan dan efisiensi, seta relevansi pendidikan. Berbagai kebijakan dan program telah dilaksanakan untuk mengatasi masalah-masalah itu, khususnya masalah rendahnya mutu. Persoalan mutu merupakan masalah yang sangat pelik dibanding masalah daya tampung pendidikan, terutama di Sekolah Dasar. Untuk mengatasi hal tersebut berbagai upaya telah dilakukan seperti pembaharuan kurikulum Sekolah Dasar dan sistem pendidikan tenaga kependidikannya.

Sekolah dasar merupakan satuan pendidikan yang paling urgen dalam konteks pendidikan nasional. Setiap orang mengakui bahwa, tanpa menyelesaikan pendidikan di Sekolah Dasar, secara formal seseorang tidak mungkin dapat mengikuti pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Apabila didasarkan pada PP No 28 tahun 1990, khususnya pasal 3, paling tidak ada dua fungsi pendidikan di Sekolah Dasar.

Pertama, untuk membekali kemampuan dasar pada anak didik sehingga dapat membuatnya mahir berwacana, Kedua, membekali dan memberikan dasar-dasar pada anak didik untuk mengikuti pendidikan pada jenjang berikutnya.

Melihat penting dan besarnya peranan Sekolah Dasar tersebut, maka sekolah Dasar harus dipersiapkan dengan sungguh-sungguh, baik secara sosial institusional maupun fungsional akademik, baik prosesnya maupun outputnya. Secara sosial institusional Sekolah Dasar harus dipersiapkan sebaik-baiknya agar berfungsi sebagai tempat proses sosialisasi anak didik yang pada akhirnya dapat mengantarkan peserta didik menuju kedewasaannya secara mental dan sosial. Sekolah Dasar di Indonesia harus bermutu karena itu, secara fungsional akademik seluruh perangkat Sekolah Dasar, seperti tenaga guru, kurikulum, dan perangkat pendidikan lainnya, harus dipersiapkan sedemikian rupa untuk mengemban misi pendidikan.

This entry was posted in Manajemen Pendidikan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s